Military Technology News Network

CATAMARAN COMBAT BOAT KOPASKA TNI AL

Dua Sea Raider milik Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL, melintas di perairan Surabaya Kapal cepat ini di berinama Catamaran Combat Boat buah karya para prajurit TNI AL, secara resmi memperkuat jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Kapal ini nantinya akan digunakan untuk mendukung tugas-tugas Koarmatim, khususnya di pangkalan-pangkalan TNI AL dalam rangka melaksanakan tugas patroli keamanan di laut.

Catamaran Combat Boat merupakan wujud nyata eksistensi dan kontribusi Dislitbangal guna menjawab tantangan ke depan. Catamaran  Combat Boat merupakan desain Stepped Hull yang revolusioner untuk kecepatan tinggi yang sangat sesuai digunakan untuk kepentingan patroli. Desain tersebut menawarkan daya tahan di laut yang tinggi, effisiensi, kecepatan dan kenyamanan pada semua kondisi operasi dan dapat digunakan untuk kepentingan SAR maupun evakuasi medis, dengan kecepatan 45 knot yang didukung oleh sistem propulsi berupa dua buah mesin outboards 300 Hp dengan putaran berlawanan.
Kapal tersebut mampu mengangkut 20 personel dengan peralatan tempur lengkap, dilengkapi senjata kaliber 12,7 mm di haluan serta 2 buah senjata kaliber 7,6 mm di buritan. Selain itu dilengkapi peralatan navigasi komunikasi yang canggih serta konstruksi bangunan sandwich fiber glass yang memenuhi standar Eropa.

Kapal yang memiliki panjang 11,8 meter dan lebar 4,5 meter itu, Uniknya, kapal dapat melakukan beaching di pantai, seperti layaknya kapal-kapal jenis landing ship thank melakukan beaching.

Combat boat merupakan hasil kerja sama Litbang antara Dislitbangal dengan industri dalam negeri yang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan akan kapal dengan ukuran kecil, sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap luar negeri.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

MOMOSERGEIDRAGUNOV

Pages

Military

Name*


Message*

Blog Archive