Military Technology News Network

MACAM MACAM KEGUNAAN DRONE BERDASARKAN JENIS DALAM DUNIA MILITER

Pernah bermain dengan drone..? nah.. kalau anda pernah memainkannya sangatlah mudah bukan.. hanya perlu beberapa jam saja anda sudah mampu menguasi dan mampu menerbangkannya, Artikel kita kali ini tentu akan membahas mengenai benda yang satu ini. namun, bukan drone sipil tapi drone militer yang di khususkan untuk melakukan pekerjaan tertentu dalam membantu pasukan mencapai target yang di tentukan.
Dalam era yang super canggih ini banyak negara yang sudah mulai mengeksplore apa saja yang bisa dilakukan oleh sebuah drone, bahkan banyak pengamat berpendapat bahwa drone akan sangat berperan dalam pertempuran masa akan datang. tidak tanggung tanggung disebagian negara ada yang berani membayar dengan harga fantastis setiap tahun untuk mengembangkan teknologi militer khususnya drone

Tanpa berbasa basi lagi kita akan mengulas mengenai macam macam jenis drone di medan perang dengan perusahaan pembuatnya.




DRONE NANO DAN MIKRO
Mesin mata-mata berukuran serangga mungkin telah menjadi bagian dari furnitur dalam film blockbuster, tetapi dalam era canggih sekarang impian itu sudah terwujud dalam medan perang nyata selama beberapa tahun. Contoh paling jelas dari drone semacam itu adalah Black Hornet berukuran 1 inci kali 4 inci, yang digunakan oleh tentara Inggris untuk melihat dinding dan sudut di Afghanistan sejak 2013.

Drone tersebut berbetuk helikopter dan Diluncurkan dari kotak yang disimpan di sabuk utilitas para prajurit dan mengendalikannnya dari terminal genggam kecil, yang juga memperlihatkan gambar dari tiga kamera.
The Black Hornet, diproduksi oleh perusahaan Norwegia, Prox Dynamics, dapat terbang selama 25 menit dengan sekali pengisian baterai, dan sambungan data digital ke terminalnya memiliki jangkauan hingga satu mil (1,6 kilometer). Pada tahun 2014, perusahaan menambah Black Hornet dengan penglihatan malam dan infra merah.

DRONE TAKTIS BERUKURAN KECIL
berbeda dengan drone nano ataupun mikro jika seorang prajurit tidak dapat membawa drone di sakunya, dia dapat melemparkannya ke udara. Ini juga mungkin, misalnya, dengan FULMAR , pesawat pengintai ringan yang terbang selama sekitar 12 jam dan jangkauan 90 kilometer, tergantung pada apa yang dibawa.

Seluruh seri FULMAR dikembangkan oleh perusahaan penerbangan Perancis multinasional Thales terutama untuk apa yang disebut spesialis drone ISTAR, atau Intelligence, Surveillance, Target Acquisition dan Reconnaissance.

Drone lain di kelas ini adalah Aladin, yang dibuat oleh perusahaan Jerman EMT, meskipun ini hanya memiliki jangkauan 15 kilometer. Drone taktis kecil pilihan Angkatan Darat AS di kelas ini adalah Raven , yang dibuat oleh perusahaan AS AeroVironment.
DRONE PENGINTAI BERUKURAN SEDANG
Sebagian besar drone militer, "kuda pekerja", seperti yang dikatakan Ulrike Esther Franke, pakar pesawat tak berawak di Dewan Hubungan Luar Negeri Eropa, menyebut mereka, adalah robot terbang jarak sedang, jarak menengah yang digunakan untuk tujuan ISTAR.

Drone ini, seperti drone pengawasan yang lebih besar, sering juga dikenal sebagai drone MALE atau HALE - akronim yang berdiri untuk Ketinggian Medium Ketahanan Panjang atau Ketinggian Ketinggian Panjang.

Salah satu drone kunci di kelas ini adalah Heron , dibuat oleh Israel Aerospace Industries (IAI) - beberapa di antaranya Bundeswehr berniat untuk menyewa . Drone ini, yang memiliki berat lebih dari 1.000 kilo dan memiliki lebar sayap lebih dari 16 meter, dapat terbang hingga 52 jam pada ketinggian 10.000 meter (35.000 kaki) - sekitar ketinggian yang sama dengan pesawat komersial. AS, Kanada, India, Turki, Australia, dan Maroko telah membeli Bangau untuk penggunaan taktis dan pengintaian.

Militer Jerman juga menggunakan LUNA , dibuat oleh perusahaan Jerman EMT Penzberg. Drone pengintaian ini, yang telah diandalkan oleh Bundeswehr selama beberapa ribu jam waktu penerbangan di Afghanistan dan Kosovo sejak tahun 2000, jauh lebih murah daripada Heron, tetapi jangkauannya hanya sekitar 100 kilometer. Pakistan dan Arab Saudi juga telah membeli LUNA.
DRONE TEMPUR & PENGAWASAN
Mungkin drone militer yang paling terkenal adalah drone tempur skala besar yang digunakan oleh AS, yang semuanya dioperasikan dari tanah AS oleh pilot melalui koneksi satelit. Predator , dan yang lebih besar, lebih baru sepupu, Reaper , kedua Lelaki dibuat oleh perusahaan AS Jenderal Atomics, dipersenjatai dan digunakan untuk pembunuhan di luar proses hukum kontroversial di negara-negara di mana AS tidak secara resmi berperang.

Penuai dapat dipersenjatai dengan berbagai misil udara-ke-permukaan, serta bom berpanduan laser, memiliki jangkauan lebih dari seribu mil dan waktu penerbangan maksimum non-stop 14 jam. Selain AS, beberapa pasukan udara NATO lainnya mengoperasikan Reapers, termasuk dari Inggris, Spanyol, Prancis, dan Belanda. Saingan buatan Cina, CH-4 , yang terlihat sangat mirip dengan Reaper, telah dibeli oleh Mesir dan Irak.

The Global Hawk , sementara itu, dibuat oleh perusahaan AS Northrop Grumman, menawarkan beberapa kemampuan ISTAR yang spektakuler dan sejauh ini yang terbesar dan paling mahal dari drone. Biaya unit telah mencapai $ 131 juta, bahkan tanpa infrastruktur tanah. Global Hawk terbang di atas lalu lintas udara komersial pada ketinggian hingga 18.000 meter.

Meskipun biasanya digunakan di atas zona konflik, tujuan utama Global Hawk tidak perlu militer - ia mampu memberi sinyal pengawasan - dengan kata lain, memindai panggilan telepon seluler.

Meskipun Northrop Grumman adalah satu-satunya perusahaan yang saat ini memproduksi drone sebesar ini, kemungkinan akan menghadapi persaingan di masa depan, terutama dari seri CH China, yang dibuat oleh China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC). Eropa juga mengembangkan versi sendiri dari Global Hawk, Elang Euro , meskipun program itu awalnya dibatalkan karena biaya dan masalah yang semakin membesar mendapatkan izin terbang di wilayah udara Jerman.|||0|||0 ft  DW
Share:

Popular Posts

MOMOSERGEIDRAGUNOV

Pages

Military

Name*


Message*